Dewasa
ini kebutuhan manusia semakin meningkat, maka dari itu manusia berfikir dan
menciptakan sesuatu untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. Salah satu kebutuhan itu adalah dalam hal transportasi, masyarakat
merasakan kebutuhan yang mendesak dimana di zaman modern ini manusia selalu
berpacu dengan waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut alat transportasi yang
tepat dan cepat untuk digunakan adalah sepeda motor.
Dengan
persaingan dibidang teknologi khususnya alat transportasi semakin pesat.
Kebutuhan dan tujuan konsumen dalam hal penggunaan sepeda motor sebagi alat
transportasi semakin beragam. Dengan adanya keragaman tersebut para produsen
sapeda motor bersaing untuk menguasai pasar.
Dengan
segmentasi yang telah ditetapkan dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh
masing-masing produsen dengan membangun citra masing-masing terhadap konsumen
dan memberikan alasan-alasan yang mempengaruhi pembentukan citra dimata
konsumen. Dalam melaksanakan atau membuat suatu strategi pemasaran maka aspek
konsumen harus diperhatikan seperti kebutuhan dan tujuan konsumen dalam
menggunakan produk tersebut, kemudian terutama dengan semakin ketatnya
persaingan bisnis itu sendiri. Aspek tersebutlah yang akan menjadi dasar dalam
menentukan suatu strategi pemasaran.
Perusahaan-perusahaan
yang besar dan sudah mempunyai nama dan dengan harga produk yang hampir sama dengan
pesaingnya, maka tidak diragukan lagi untuk mengalahkan pesaingnya yang kurang
berorientasi pada pelayanan apalagi pada strategi pemasaran. Strategi pemasaran
dalam sebuah usaha atau perusahaan sangat menunjang kesuksesan perusahaan
tersebut. Sekecil atau sebesar apapun badan usaha tersebut, jika strategi
pemasarannya dilaksanakan dengan efektif maka perusahaan tersebut akan memiliki
peluang untuk mencapai tujuannya.
Dengan
meningkatnya pertumbuhan dan pasar otomotif khususnya untuk sepeda motor, menyebabkan
persaingan antar merek juga semakin kuat dan kompetitif. Honda, Yamaha, dan
Suzuki adalah produsen sepeda motor asal Jepang yang selalu berlomba dan
bersaing untuk menguasai pasar dengan selalu berinovasi dalam menciptakan dan
menyempurnakan produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar