Rabu, 13 April 2011

Manusia dan Penderitaan

MANUSIA dan PENDERITAAN
Manusia dalam hidupnya  di dunia pasti tidak akan pernah lepas dari penderitaan yang merupakan salah satu ujian yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap umat-Nya. Oleh karena itu kita sebagaia umat-Nya harus lebih mendekatkan diri kepada-Nya agar kita diberikan kemudahan-kemudahan dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh-Nya.
Hubungan manusia dan penderitaan sanagat erat kaitaannya dalam kehidupan manusia.
Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.
Penderitaan menaggung atau merasakan sesuatu lahir ataupun batin,penderitaan termasuk realita dunia dan manusia intesitas penderitaan bertinkat-tingkat ada yang berat ada juga yang ringan namun peranan individu juga menentukan berat tidaknya suatu penderitaan.
Penderitaan akan dialami oleh semua orang hal itu sudah merupakan resiko hidup,berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan banyak macam kasus dalam liku-liku kehidupan manusia,seperti penderitan fisik ataupun nonfisik,penderitan timbul karena perbuatan kita sendiri atau sesama manusia. Maka dari itu hanya diri kita sendirilah yang dapat menentukan penderitaan yang dialami. Selain ituh juga perbuatan buruk manusia terhadap linkunganya juga menyebabkan penderitaan kepada manusia   lainnya,tetapi manusia tersebut tidak menyadari hal ini karena kesadaraan itulah baru timbul setelah musibah yang membuat manusia menderita terjadi seperti musibah banjir,tanah logsor dan pembakaran hutan atau penebangan liar di hutan. Adapun selain itu manusia mengalami penderitaan karena penyakit,siksaan/ajab Tuhan. Namun hanya doa,sikap optimisme, kerja keras, tidak pantang menyerah, dan pendekakatan diri kepada Tuhan yang dapat merubah penderitaan yang kita alami sendiri maupun penderitaan yang kita alami bersama. Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat. Penderitaan juga dapat ‘menular’ dari seseorang kepada orang lain, apalagi kalau yang ditulari itu masih sanak saudara. Selain itu ada pengaruh-pengaruh positif maupun negatif dari dari setiap penderitaan yang dialami. Pengaruh positifnya yaitu menimbulkan sikap tidak mudah putus asa dan bagaimana cara mengatasi rangkaian berbagai macam masalah-masalah yang timbul. Pengaruh negatifnya misalnya penyesalan karena tidak berbahagia sikap kecewa,tidak bahagia, bahkan putus asa ingin bunuh diri. Sebab-sebab penderitaan yaitu penderitaan yang timbul akibat perbuatan buruk manusia dan timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar