Minggu, 02 Oktober 2011

Membaca Peluang Pasar

     Usaha budi daya lobster air tawar akhir-akhir ini mulai banyak dikembangkan oleh masyarakat, mulai dari masyarakat bawah, menengah, atas dari usaha kecil, menengah, hingga usaha yang besar. Berawal dari hobi kini mulai banyak orang-orang menjadikannya budi daya lobster air tawar sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan keuntungannya. Dengan modal yang kecil pun kini kita sudah bisa mengembangkan usaha ini. Dengan membeli satu paket indukan lobster unggulan yang terdiri dari lima ekor indukan betina dan dua ekor indukan jantan atau dengan membeli bibit/anakan lobster dengan harga Rp 250.000- Rp 750.00, pembuatan kolam semen, penyaring air, dan pakan jika ditotal menghabiskan biaya Rp 1.200.000 kita bisa memulai usaha ini. Biasanya satu indukan  lobster betina bisa menghasilkan ratusan telur, jika ada lima ekor indukan betina berarti ada ribuan telur lobster yang dihasilkan.
      Pembesaran lobster bisa dilakukan di aquarium atau kolam semen, tapi akan lebih baik jika .pembesarannya di tempatkan di kolan semen dengan ukuran 2x2 meter. Biasanya dalam satu kolam jumlah maksimum lobster tidak boleh lebih dari 350 ekor lobster agar lobster mempunyai ruang gerak yang lebar.
     Perawatan lobsternya pun cukup mudah dengan memberikan pakan pelet dan pakan tambahan setiap dua kali sehari. Kebersihan air kolam, suhu, kadar oksigen,dan tingkat keasaman air merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam pembesaran lobster. Pembesaran lobster dari anakan hingga dewasa membutuhkan waktu enam sampai delapan bulan tergantung dari perawatannya. Artinya lobster dapat dipanen setiap enam bulan sekali, biasanya jika ditimbang dalam satu kolam berat keseluruhan lobster sekitar 50kg. Permintaan lobster dipasaran kini sangat tinggi, permintaan tersebut biasanya dari rumah makan, restoran, maupun dari hotel yang banyak menyajikan hidangan yang bahan dasarnya dari lobster untuk para konsumennya yang menyukai hidangan sea food. Harga lobster /kg dipasaran kini sekitar Rp 125.000 /kg. Jadi, jika ditotal ada 50kg lobster dalam satu kolam berarti laba kotor yang didapat sebesar Rp 6.250.000. Dari laba kotor tersebut dipotong biaya pembelian pakan dan listrik yang menghidupi penyaring air sebesar Rp 1.250.000. Jadi, laba bersih yang didapat sebesar Rp 5.000.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar