Minggu, 11 November 2012

Cara Membuat Topeng Dari Bahan Koran


Asal ketik kali ini akan diuraikan bagaimana cara membuat topeng dengan menggunakan bahan dasar koran bekas yang kemudian diolah menjadi bubur kertas. Caranya adalah sebagai berikut ;
1. Siapkan alat dan bahan antara lain ; plastisin, kertas koran, lem fox, karton ukuran 30x30cm, kuas cat lukis, ember plastik, blender.
2. Buatlah model karakter wajah yang diinginkan dengan menggunakan plastisin diatas karton, karton ini berfungsi sebagai tatakan plastisin agar fleksibel dalam proses pengerjaannya.
3. Setelah model terbentuk potonglah koran bekas menjadi bagian-bagian kecil dan kemudian rendam didalam ember plastik selama 20 - 30 menit.
4. Langkah selanjutnya adalah menghaluskan potongan-potongan koran bekas yang telah direndam tadi dengan menggunakan blender. Masukan sedikit demi sedikit potongan-potongan tersebut sambil sesekali dimasukan juga lem fox sebagai penguat topeng jika telah mengering nanti.
5. Setelah dirasakan cukup halus, siapkan model dan kuas cat lukis.
6. Lumuri model dengan menggunakan bubur kertas secara tipis-tipis menggunakan kuas cat lukis, kemudian tutup dengan tissue dan keringkan . Ulangi proses ini sampai ketebalan topeng dirasakan cukup.
7. Setelah ketebalan topeng dirasakan cukup tebal dan telah dikeringkan, maka topeng dari bubur kertas siap ditreatment, apakah mau dihias dengan ornamen atau ditambahkan aksesoris sebagai pemanis karya tersebut.
8. Proses kreativitas selesai, nah mudah bukan, selamat mencoba dirumah! \m/ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar